Sukses Dan Sekolah

20.12.00


Dua hal yang selalu saja menjadi perdebatan. Dimana ada orang yang bilang kalau buat apa sekolah tinggi-tinggi dan pinter kalau tidak menjamin lo sukses. Ada pula yang bilang, saya mendapatkan kesuksesan karena saya berilmu. Itu semua tidak salah. Tapi itu juga tidak sepenuhnya benar. Inilah hidup, kita sulit memetakannya.

Oke, ini hanya sebuah cerita dari gue tentang dua hal di atas;
Gue, menurut orang gue itu pinter. Memang, gue lahir dari bokap guru, yang otomatis orang bakal ngejudge kalau gue itu pinter. Untungnya, gue cukup di atas rata-rata, jadi gak malu-maluin bokap banget kalau anggapan itu salah. SD, dari kelas 1-4 gue selalu ranking 1. Tapi, pas kelas 5-6, sistem imun gue mulai turun, gue udah mulai sering sakit-sakitan, makanya nilai gue turun. Gue pun jadi ranking 2.

Masuk SMP, gue sempet nganggep gue gak bakal bisa bersaing. Ya, gue sadar dirilah, gue gak pinter-pinter banget. Tapi, cukup mengejutkan. SMP, gue selalu masuk 7 besar di kelas. Entahlah, padahal sebenernya banyak yang lebih pinter dari gue. Begitu juga pas masuk SMA, pesimis gue semakin menjadi. Ya, gimana enggak, ini sekolah terbaik dari daerah gue. Pasti banyak anak-anak yang pinter. Tapi, sekali lagi. Ternyata gue bisa masuk jajaran 8 besar sampe kelas 3 SMA. Ya, walau sempet turun drastis pas semester 2 kelas 2 SMA. Ranking gue jadi 13. Entah kenapa bisa kayak gitu.

Bahkan, pas try out UN di sekolah, gue gak nyangka ternyata nilai gue bagus. Gue selalu masuk 28 nilai teratas dari semua anak IPA yang notabene itu ada 5 kelas, plus satu kelas akselerasi. Bayangin aja, ada berapa anak itu. Bahkan sama juga dengan nilai-nilai gue pas try out SNMPTN di tempat les. Walaupun awalnya sempet terseok-seok, lama-kelamaan nilai gue mulai mengejutkan. Bahkan, pas snmptnnya gue bisa masuk jurusan IPA tok di universitas negeri. Jujur, gue bukan orang yang maniak sama otak gue sendiri. Mungkin gue pinter, tapi gue gak nyaman sama kepinteran gue. Apalagi, gue gak bisa ngembangin apa yang jadi minat gue sebenernya.

Bicara soal hobi, sebenernya gue suka banget sama musik. Gue pengen banget masuk musik di kuliahan. Tapi, apa daya, gue gak dikasih jalan buat ke situ. Gue justru terjerumus sama pelajaran yang gue suka karena guru les yang asik. Ya yang kata gue jurusan IPA tok itu.

Dari SMA, sebenernya gue udah ngerasa kalau dunia gue itu di musik, makanya gue niat banget masuk musik pas kuliah. Selain musik, gue juga suka banget sama pelajaran PKn. Entah kenapa belajar PKn itu sangat srek buat gue. Gimana belajar UUD’45, kritis dalam kehidupan berdemokrasi dan mempelajari hukum dan segala hal tentang Negara. Tapi sayang, celakanya kepinteran gue itu justru membawa gue ke dunia yang gak gue suka. Bahkan menghilangkan semua pelajaran yang gue suka tadi.

Sampe akhirnya, di kuliahan gue mulai mencoba mengembangkan apa yang gue mau kembangkan. Gue nikmatin apa yang gue rasa nikmat buat dijalanin. Contohnya, gue mulai ngeblog sama ngebuat buku, ya karena gue suka nulis. Bahkan gue pengen banget lulus nanti gue bisa jadi wartawan atau penulis terkenal. Sebentar, soal buku, sebenernya gue udah nerbitin satu buku gue. Tapi sayang, gak laku. Oke selain itu, gue juga mulai nulis lagu, ya emang itu dunia gue. Dari dulu gue emang sering bikin lagu. Sampe gue berniat jadi composer suatu saat nanti, dan membuat alat musik daerah Indonesia jadi alat musik yang mendunia. Makanya gue mulai mempelajari alat-alat musik tradisional. Bukan Cuma itu, belum lama ini gue udah mulai suka baca buku, dan gue berniat suatu saat nanti gue bisa ngebuka toko buku atau perpustakaan. Gue pengen banget.

Itu semua memang sangat jauh dari dunia yang gue jalanin sekarang. Sekolah membuat kreatifitas gue tertahan. Gue terlalu dikotak-kotakin dalam skema yang dimau oleh beberapa ahli, bukan mau gue. Sekolah terasa bukan tempat kita berpijak buat meningkatkan minat, sekolah justru membuat kita menghilangkan minat. Gue gak nyalahin sekolah, ataupun segala teori dan materi yang dipelajarin di sekolah. Yang gue harap, sekolah itu justru meningkatkan kreatifitas siswa. Jangan membuat sekolah itu membosankan. Ya, sebenernya gue sempet girang banget pas denger kalau kurikulum anak SMA sekarang justru membebaskan siswa untuk memilih mata pelajaran yang dia suka. Itu bagus, tapi yang jadi masalahnya ada di ujian akhir. Harusnya ujian akhir gak ngebuat semua belajar selama ini jadi sia-sia karena beberapa hari yang menakutkan.

Oke, ujian akhir memang penting. Tapi, jangan jadiin patokan juga. Apalagi ditentukan orang lain. Setiap anak itu beda, gak mungkin sama. Makanya, jangan paksa siswa mencapai target. Harusnya serahin aja ke sekolah, kenapa? Ya karena mereka yang tahu perkembangan si siswa itu sendiri. Mereka yang tahu gimana seluk-beluk siswa, bukan pemerintah. Sukses itu bukan cuma berasal dari nilai yang tinggi sama pintar, itu memang sangat bagus, tapi lebih bagus lagi kalau dia sukses ditambah karena dia berasal dari menjalankan apa yang disukai.

Sebenernya, tidak ada yang salah dari sekolah dan hidup sukses. Yang gue rasa, dua hal itu hanya perlu sebuah kesinambungan. Misalnya kayak yang dicontohin dari film negeri 5 menara. Dimana di situ diceritain di sebuah pondok pesantren, anak-anak diajarkan semua hal tentang cara bagaimana kita hidup dalam masyarakat. Jadi, bukan hanya mempelajari ilmu pasti tok ataupun ilmu sosial tok melulu. Ya, sama kayak yang ada di SMA sekarang. Yang IPS ya belajar IPS, yang IPA ya belajar tentang IPA. Sebenernya itu salah. Harusnya tidak ada yang namanya IPA ataupun IPS dan segala macem penjurusan. Harusnya, anak itu bebas memilih pelajaran yang mereka suka dan yang bisa menunjang cita-cita mereka. Itu justru lebih membuat siswa menjadi nyaman bersekolah.

Sekolah itu harusnya yang membantu mengarahkan minat siswa tanpa batas, bukan mengarahkan dengan embel-embel. Biarkan kreatifitas siswa itu berkembang. Buatlah sistem yang membuat siswa tertarik belajar dan tidak takut salah, sehingga mereka terus mengembangkan apa yang ingin mereka kembangkan, bukan takut untuk belajar dan dipaksa benar menurut sekolah serta harus mengikuti apa yang tidak mereka sukai.

Belajarlah karena kamu mencintainya, bukan karena kamu terpaksa harus mengikutinya.

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL.

You Might Also Like

0 komentar