Sapi dalam Kereta

10.01.00


Lirik lagu Donna Donna yang dibawakan oleh Joan Baez sebenarnya menggambarkan suasana pembantaian Yahudi oleh Nazi. Tapi, kali ini saya mencoba keluar dari makna yang diisyaratkan oleh si pembuat lagu. Makna bahwa setiap orang seharusnya berusaha dan tidak menerima begitu saja takdir buruk yang datang. Makna kalau setiap orang harus mendapat yang terbaik dengan usahanya sendiri, bukan cuma iri melihat orang lain lebih baik darinya.
****
Ini tentang bagaimana kita harus menjalani hidup, dan cinta.
Di lirik lagu tersebut diceritakan ada seekor sapi murung terkurung di gerbong kereta menuju tempat dia disembelih. Padahal, di luar sana burung-burung terbang dengan bebas di angkasa. Angin-angin juga tedengar tertawa tanpa henti menyaksikan keadaan sapi tersebut. Tapi, sapi masih sabar menerima nasibnya, sekalipun itu perjalanannya menjemput kematian.
Bagi sapi, hidup bukan soal mengubah nasib, tapi hidup juga tentang bagaimana kita menerima dengan ikhlas takdir yang ada, tidak mengeluh. Itu terlihat dari keadaan tidak melawan dari si sapi tadi, padahal sebenarnya kalau mau dia bisa melawan keadaannya itu. Ya, setidaknya dia mati dengan perlawanan, jadi, dia mati dengan terhormat. Tapi ini tidak, dia diam, dan menerima. Itulah pelajarannya, jangan marah menerima nasib; terimalah, karena Tuhan selalu menakdirkan yang terbaik.
Sapi tadi juga mengajarkan kalau dalam hidup kita harus terus berjalan, sekalipun kita tahu perjalanan itu membunuh kita. Yang penting kita tidak berjalan karena iri dengan yang lain, tapi karena kita yang akan membuat iri dengan keadaan yang seharusnya tidak laik membuat orang lain iri. Membuat orang iri akan kesusahan kita. Bukan karena mereka ingin ikut susah, tapi karena kita bisa tegar saat susah, dan itu pencapaian yang terbaik.
*****
Hubungan percintaan juga seperti itu, kita harus terus melewati segala macam halnya. Kita tidak perlu iri dengan pasangan lain, karena seharusnya kita yang membuat iri pasangan lain, itu akan membuat hubungan itu lebih indah. Dalam percintaan juga jangan takut untuk mencoba menjalani segala sesuatunya di depan, yang penting dia menerima apapun yang datang, dan bertahan sama-sama supaya tujuan dari hubungannya ada itu tercapai. Selama mereka berniat untuk mencapai tujuan, tujuan itu pasti digapai suatu saat nanti.

You Might Also Like

0 komentar