Apa Gaya Busana Khas Indonesia?

12.01.00

Apa yang sebenarnya membedakan Indonesia dengan Negara lain? Soal kecerdasan, sebenarnya Indonesia bisa dibilang tidak tertinggal dari Negara lain. Ini dibuktikan dengan cukup banyaknya anak-anak Indonesia yang mampu menyabet juara di setiap olimpiade Internasional, dan juga bisa dibilang cukup banyak anak-anak Indonesia berprestasi yang mengenyam pendidikan di Negara lain. Namun, tidak dipungkiri juga dengan keadaan otonomi daerah ini ada pula sebagian dari anak Indonesia yang pendidikannya jauh dari kata layak, sehingga otak mereka yang sebenarnya sedang dalam masa yang produktif tidak mampu berkembang. Ada cara yang sebenarnya bisa saja digunakan; dengan mengirim para sarjana berprestasi ataupun masyarakat umum yang punya kemauan untuk membantu membangun daerah tertinggal, menumbuhkan inisiatif untuk belajar dari anak-anak, atau mungkin lebih gilanya bisa saja anak-anak yang mempunyai kemauan di daerah tertinggal tadi tapi tidak mendapat sebuah kesempatan dengan nekatnya mencari hal yang dia ingin tau dengan berkelana. Oke, tapi di sini saya tidak ingin membahas masalah itu.

Di sini saya ingin membicarakan hal yang simpel saja sebenarnya, gaya berbusana. Nah, kita tentu tidak asing lagi dengan keadaan anak-anak muda Indonesia akhir-akhir ini yang mulai menirukan gaya-gaya berbusana dari Negara lain; seperti Jepang, China, Korea, Inggris, atau bahkan Timur Tengah. Setiap kita bepergian, selalu saja kita melihat anak-anak muda Indonesia mengenakan busana dengan gaya Negara lain. Katanya; gaya berbusana Negara lain itu lebih keren. Hmm, sejenak saya pun mulai berpikir; apa sih gaya berbusana khas Negara kita tercinta ini? Oke mungkin untuk busana muslimah, Negara kita sudah mulai menjadi kiblat. Dengan banyak munculnya wanita-wanita muslimah yang trendi namun tetap sesuai kaidah islam. Tapi, bagaimana dengan wanita yang non-islam? Apa yang harus mereka lakukan dengan gaya berbusana mereka?  

Ketika orang Indonesia bergaya busana Negara lain, pasti setiap orang yang melihatnya langsung tau kalau itu adalah gaya busana Negara ini atau Negara itu. Hebat bukan? Jika kita menjadi warga Negara tersebut, pasti ada suatu kebanggaan tersendiri. Nah, sekarang saya berpikir bagaimana jika kita bepergian ke Negara lain, dan kita mengenakan gaya busana khas Indonesia, orang Negara tersebut langsung mengenali bahwa gaya berbusana kita adalah gaya berbusana Negara Indonesia. Tentu ada sebuah kebanggan dalam hati kita bukan? Kemudian timbul suatu masalah. Yang saya bingungkan adalah, apa sebenarnya gaya berbusana khas Indonesia? Saya ingin anak-anak muda Indonesia menduniakan gaya berbusana khas Negara kita, bukan menegarakan gaya berbusana dunia.

Saya dan tentu kita semua pasti ingin, mendengar dan melihat gaya berbusana khas Indonesia ditiru Negara lain. Bahkan menjadi kiblat gaya berbusana anak-anak muda Negara lain. Oleh karena itu, mari kita berpikir kreatif menumbuhkan gaya busana khas Negara ini.

****

Jangan jadikan Indonesia menjadi Internasional,
tapi jadikan Internasional menjadi Indonesia.

You Might Also Like

0 komentar