Cerna Arti Kata

14.27.00

Terkadang terdengar lucu ketika itu diucapkan perbulan. Jika memang seperti itu, berarti setiap bulan kita berulang tahun? Oh tidak, itu salah. Kalau memang setiap bulan dirayakan, berarti bukan ulang tahun, tapi ulang bulan. Ah itu terdengar sangat lucu. Apa yang menarik dari ulang bulan? Masih belum banyak hal yang terjadi. Tidak ada pahit yang benar-benar membuatmu muak, ataupun manis yang membuatmu lupa diri.

Janganlah membuat dirimu seakan terlihat seperti badut. Berhentilah melucu jika itu memang tidak lucu. Apakah kamu tidak memiliki sense of humor? Atau sense of what people feel? Ini terlampau serius, bukan hal yang ditertawakan. Biarkan aku mencoba untuk membenarkan. Semoga hal ini menjadi pembelajaran untuk semua. 

Kata untuk menunjukkan perayaan hari yang diperingati setiap bulan itu; Mensiversary. Sementara Anniversary itu hanya untuk peringatan yang diperingati setiap tahun. Kenapa seperti itu? Mensiversary itu berasal dari bahasa latin, mensis yang berarti bulan. Dan Anniversary itu berasal dari bahasa latin juga, annum yang berarti tahun.

Jadi, bukankah terdengar lucu ketika peringatan hari jadi yang baru beberapa bulan disebut anniversary? Betapa itu merupakan kosa kata yang aneh. Tahun, tapi diucap setiap bulan. Sama seperti ulang tahun yang dirayakan setiap bulan. Entah begitu tuanya kita jika itu benar.

Mulailah cermat menggunakan kata. Setiap kata itu ada maksudnya, dan bukan sembarang pula kita mentafsirnya. Sebelum berkata; cermati maksud dari kata itu.

You Might Also Like

0 komentar